Tuesday, January 8, 2013

Jambi

Jambi


Beberapa tempat menarik di kota Jambi :

 
Mesjid Agung Al Fallah, dikenal juga sebagai mesjid seribu tiang, karena mesjid ini tidak menggunakan struktur dinding sebagai penyanggah, atapnya disanggah oleh banyak tiang, tidak diketahui jumlah pasti tiangnya, sehingga banyaknya mengesankan seperti berjumlah seribu. Melangkah keseberang jalan terdapat museum TNI yang di depan museumnya terdapat replika pesawat. Di museum ini terdapat diorama peristiwa perjuangan rakyat Jambi dan berisi koleksi senjata-senjata peninggalan masa jaman perang.
Ada pula Kebun Binatang Taman Rimbo namanya, letak kebun binatang ini tidak jauh dari bandara Sultan Taha,  selain binatang di Kebun Binatang Rimbo juga terdapat pula anjungan-anjungan Rumah Adat dari masing-masing Kabupaten di Propinsi Jambi.

Candi Muara Takus, letaknya agak di luar pusat kota Jambi. Ada pula Kampung Rajo, semacam tempat untuk rekreasi alam, letaknya juga berada sedikit di luar pusat kota

Taman Tanggo Rajo, letaknya di tepi sungai Batanghari, daerah pasar Jambi, di depan kediaman gubernur. Tempat ini semacam tempat berkumpul anak-anak muda kota Jambi.

Museum negeri Jambi, Letaknya di perempatan  Prof. Dr. Sri Soedewi Sofwan dan jalan Urip Sumoharjo 
 
Apabila ingin berwisata yang alami kebanyakan berada di luar kota, seperti di Kabupaten Kerinci atau Bungo,ke arah Propinsi Sumatera Barat.

Untuk kuliner di Kota jambi dapat mengunjungi beberapa tempat, antara lainnya  :
Taraso di Sungai Kambang letaknya berdekatan dengan SD 47, Purnama atau biasa disebut Safari di daerah Pasar Jambi.
Hawa Jaya, adalah pujasera di daerah Murni, Menunya seperti Mi Celor, semacam Lomie dengan kuahnya kental rasa udang dan adapula martabak India dengan adonan telur yang di makannya dicampur dengan kari kambing atau sapi.

Martabak Duren, di daerah Simpang Kawat, Mayang, pasar, jualan martabak duren dan masih ada kuliner lainnya,seperti Pempek Selamat, IMHO 


EL John 96.8 FM

No comments:

Post a Comment