Tuesday, October 2, 2012

Kalimantan Selatan

Banjarmasin

 Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Sungai Martapura

 Pasar Wadai Banjar

Sky Radio Banjarmasin 89.3 FM

1. Pasar terapung muara sungai Kuin, jam 5 sudah start, sewa klotok 80-100 ribu rupiah, parkir mobil 5 ribu rupiah di depan masjid bersejarah Sultan Suriansyah, nikmati sensasi naik klotok di anak sungai yg bermuara ke Barito, melihat kehidupan orang Banjarmasin yang mandi sikat gigi cuci beras di sungai yang keruh, setelah sampai pasar terapung ke pulau di tengah-tengah sungai, ada makam orang yang dituakan di sana, banyak monyet-monyet yang akan lompat mendatangi kapal klotok, sarannya hati-hati kaca mata, kamera, perhiasan, makanan dan lain-lainnya. Kalau beruntung bisa ketemu Bekantan. 

2. Jembatan Barito, jembatan terpanjang di kalimantan Selatan, melewati pulau di tengah sungai, mirip jembatan Mahakam di Tenggarong Kalimantan Timur yang melewati Pulau Kemala, diresmikan Presiden kedua Republik Indonesia, soeharto. Melihat kapal batubara wara wiri, kalau beruntung biasanya ada bridge jumping anak-anak justicia fakultas hukum UnLam, semacam bungee jumping.

3. Pasar martapura, pusat kerajinan batu permata dan oleh-oleh khas Kalimantan Selatan, letaknya di kota Martapura, 90 menit dari Banjarmasin.

4. Pedalaman suku Dayak Meratus di pegunungan Meratus (salah satu dari 10 tujuan wisata di indonesia yang wajib dikunjungi), bisa bamboo rafting/ body rafting letaknya di daerah Barabai, 4-5 jam dari Banjarmasin.

5. Kuliner: soto Bang Amat: di pinggir sungai martapura, Banjarmasin.

No comments:

Post a Comment