Tuesday, January 8, 2013

Binter Merzy




Kawasaki KZ200 atau biasa disebut banyak orang Binter pasti banyak yang kagum. Padahal sejarah munculnya hanya sesaat saja, meski meninggalkan banyak cerita mengagumkan. Nama Binter sendiri berasal dari singkatan distributor Kawasaki saat itu yang dipegang PT Bintang Terang. "Versi awal ada yang disebut Binter Mercy, tapi mungkin karena sudah ada mobil dengan sebutan sejenis, akhirnya berubah jadi Merzy"
Motor keluaran tahun1980-an dan berakhir 1985, Binter Merzy punya dua tipe; dengan pengapian platina dan generasi terakhir CDI.Tapi beberapa detail tentu punya ciri khas masing-masing. Generasi pertama dengan platina punya masa edar hingga 1982, sedang versi CDI berakhir di 1985.
Posisi mengendarai yang nyaman dan kapasitas mesin besar, membuat Binter Merzy termasuk salah satu motor yang sangat digemari di zamannya.


Binter Merzy dizamannya sudah memiliki rem cakram untuk roda depan, dengan ukuran ban yang cukup lebar.Sesuai flyer zaman dahulu, Binter bisa dibilang pionir penggunaan starter eletrik dan sistem kelistrikan DC 12 volt.Dampaknya tentu lampu-lampu yang terdapat di Binter Merzy terang  dan lebih stabil plus keunggulan sudah ada tombol lampu beam yang efektif ketika menyusul kendaraan lain.
Motor ini menggunakan sistem mesin 4 langkah berkapasitas 200 cc dengan sistem penggerak katup masih SOHC. "Sayangnya kapasitasnya mentok 200 cc akibat pembatasan regulasi saat itu. Padahal konstruksi mesin KZ didesain untuk menampung kapasitas hingga 250 cc.


No comments:

Post a Comment